kemarin, aku iseng-iseng blogwalking ke beberapa blog tetangga buat cari-cari referensi dan informasi yang barang kali sangat berguna buat pengembangan ilmu ma blogku ini. dari beberapa blog yang aku kunjungi ada artikel yang menarik, yaitu artikel tentang bagamana kita menimbang seberapa berat blog kita. ini sangat menarik banget, karena kemaren ada beberapa complain dari beberapa temen yang ngerasa weblogku ini terlalu berat untuk dibuka dan ga semua gambar theme dan aksesorisnya bisa dibuka dengan sempurna, makanya aku coba-coba menimbang seberapa besar se weblogku ini.

memang se secara naluri para blogger pasti ingin sekali weblognya menjadi bagus, cantik dan eyes caching. ada beberapa yang menambahkan grafik-grafik, jam, kalender, pemutar mp3, efek salju, dan masih banyak lagi yang lain sampai-sampai kita over dan melupakan yang paling penting buat para blogger yaitu masalah berat (size) dan kecepatan (speed). masalah berat suatu web itu berbanding lurus dengan aksesoris yang dibebankan ke web itu sendiri, semakin banyak aksesoris yang terpasang semakin berat pula web itu sendiri. begitu pula dengan kecepatannya. berat dan kecepatan ini sangat penting karena semakin ringan web kita akan semakin cepat web kita diakses oleh orang lain. coba kita bayangkan web kita sudah dibuat sedemikian rupa bagusnya dengan berbagai macam aksesoris ternyata kita kehilangan pengunjung karena setiap kali pengunjung atau teman kita mau melihat web kita berasa lamaaaaaaaa.....banget........ bukannya senang malah kita ditinggal kabur duluan.

tapi jangan khawatir, ada alat buat ngukur seberapa berat ukuran web kamu dan seberapa cepat akses ke web kamu. cara untuk menggunakan alat ini sangat simple sekali dan ga ribet, kita tinggal memasukkan nama blog yang akan kita uji dikolom yang sudah disediakan maksimal 10 weblog. hasilnya akan langsung kamu dapatkan dan hasil yang akan ditampilkan disana: Size, Load Time dan Avarege Speed per KB. tetapi yang perlu dan paling penting untuk kita perhatikan adalah size atau ukurannya karena "load time" dan "average speed per KB" bisa berubah-ubah. sebagai acuan maksimal banget usahakan web kamu jangan sampai lebih dari 100 KB, karena dengan lebih dari acuan tersebut menyebabkan semakin lama web kamu dibuka. kalau lebih dari 100 KB cobalah dikurangi beberapa aksesoris dan widget yang kamu pasang disana seperti pemutar mp3, jam, kalender atau yang lainnya.

penasaran untuk menggunakannya??? tenanggg.........cobalah dengan alat dibawah ini......selamat mencoba dan enjoy it.........


































Alamat web kamu: masukkan beberapa web kamu di baris yang lain (Maksimal 10)


 


(contoh: rosetama.blogspot.com)

 
 




 



Powered by iWEBTOOL



0 komentar: